Apa itu Klap Finance (KLAP)?

Eko Yanuarso Budi
3 min readJul 6, 2022
Klap Finance

Klap Finance adalah aplikasi pasar uang terdesentralisasi berbasis blockchain Klay memiliki kesamaan dengan Aave. Pengguna dapat mendepositkan asset kripto untuk mendapat bunga, dan juga meminjam aset kripto untuk investasi atau kebutuhan lainnya.

Jika pada ekosistem keuangan tradisional dibutuhkan peran institusi keuangan untuk melakukan pinjam meminjam dana, dengan Klap Finance, proses ini diotomatisasi dengan kumpulan smart contract Klap Finance di blockchain Klay yang sudah diaudit oleh pihak Quantstamp. Melalui smart contract itu dapat menjadi jembatan antara pemberi dan peminjam.

Klap Finance sendiri memiliki governance token bernama KLAP yang bisa digunakan untuk melakukan voting terhadap perubahan pada protokol Klap Finance. Pada aplikasi DeFi atau decentralized finance sepeti Klap Finance, governance token diperlukan agar platform tetap terdesentralisasi karenan wewenangnya terdistribusi.

Sebagai salah satu aplikasi DeFi yang populer diekosistem Klay, Klap Finance adalah salah satu aplikasi DeFi terbesar berdasarkan jumlah dana yang terkunci dengan nilai sebesar $103jt per Juli 2022. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai ap aitu Klap Finance, yuk simak penjelasannya dibawah ini.

Apa fitur utama Klap Finance?

Ada sebanyak 6 aset yang ditawarkan oleh Klap Finance untuk aktivitas pinjam dan meminjam per Juli 2022. Lalu, bagaimana caranya untuk memulai mendapat Bungan dari deposito asset kripto maupun melakukan pinjama di Klap Finance? Berikut penjelasan dan contoh penggunaannya

1. Mendapatkan bunga di Klap Finance

Untuk mulai mendapatkan bunga di aplikasi ini, yang harus dilakukan pertama kali adalah menyetorkan aset kripto. Saat menyetorkan aset pengguna akan menerima sejumlah aToken, yaitu token yang mewakili jumlah saldo pengguna dalam protokol dan memperoleh bunga. Misalnya kamu mendepositkan USDC, maka kamu akan menerima aUSDC. Misal kamu mendepositkan DAI, kamu akan menerima aDAI dan begitu pula dengan token lainnya. Jika ingin menerima kembali modal yang telah disetorkan ditambah bunga pengguna harus menukarkan aToken.

2. Meminjam dana dengan Klap Finance

Sebelum mulai meminjam di Klap Finance, pengguna harus menyetorkan asset kripto sebagai jaminan. Jumlah asset yang disetor harus lebih tinggi dari jumlah yang dipinjam. Hal ini dilakukan untuk meminimalisasi resiko pemberi pinjaman apabila terjadi penurunan harga aset kripto yang dipinjamkan. Selalu berhati-hati saat ingin mencoba meminjam.

Bagaimana cara menggunakan Klap Finance?

Untuk menggunakan Klap Finance, kamu memerlukan dompet Klaytn yang dapat berinteraksi dengan dApp/Web3 misalnya Metamask dan sejumlah Klay. Setelah kamu memiliki dompet, kamu bisa langsung menghubungkan dompetmu dengan Klap Finance. Sebagai catatan setiap transaksi yang dilakukan berjalan di blockchain Klay sehingga memerlukan biaya yang disebut dengan gas fee untuk dibayarkan kepada para validator agar transaksi dapat berjalan. Oleh karena itu pastikan kamu memiliki KLAY yang cukup untuk melakukan transaksi.

Siapa penemu Klap Finance?

Klap Finance dibuat oleh sekelompok orang yang hebat dibidang DeFi, beberapa developer di tim telah bekerja di protkol DeFi / Non Fungible Token yang terkenal. Detail tim akan segera dirilis tidak sepenuhnya anonim. Klap Finance didukung oleh investor crypto teratas diantaranya Rok Capital, Manifold, Krust, Quantstamp, Acensive Assets, Krew.

Bagaimana cara mendapatkan token KLAP?

Per Juli 2022 untuk mendapatkan KLAP yaitu dengan mengikuti program pre-mining dan lockdrop yang diselenggarakan oleh Klap Finance.

Sumber :

https://medium.com/klapfinance

--

--